info teraktual,tips trik sosial media,dan solusi kesehatan

Tips mendapatkan cabe murah bermutu

Cara menanam cabe/cabai yang baik.cabe adalah tanaman rempah yang belakangan ini sering di bicarakan di sekeliling kita.semua orang di buat pusing dengan sulitnya mendapatkan cabai yang murah dan berkualitas baik.
Saya tanyakan kepada ibu-ibu kenapa cabe sulit di dapatkan belakangan ini.dan mereka menjawab.itu bang masa cabe sekilo 120 rb.orang beli beras aja saya  mati-matian malah cabenya muahal banget bang.nanti kalau gak beli cabe terus makan gak ada sambalnya.nanti suami cemberut ,katanya gak  nafsu makan,istri Lagi yang disalahkan.

harga cabai naik jelang ramadhan dan lebaran


Bo ya mikir,ngasih uang belanja cuma 100 rb.mana cukup sekarang ini.paling nasi aja sama garam.aduuuuhh,,gmn ini!!!.
Begitulah rakyat ini kalau sudah mengeluh.untuk turunkan harga cabe saja.rakyat harus turun ke jalan.opo meneh iki.lah terus ini salah siapa,?yang pasti yang susah ya rakyat kecil,udah susah tambah susah,seperti tercekik sudah jatuh tertimpa tangga pula.

Kembali ke laptop,haha.ya musim hujan yang dengan intensitas tinggi membuat tanaman cabe tumbuh berbuah tidak seperti yang diharapkan.hampir 70 % cabe menjadi busuk di pohon.hasilnya para petani di jawa dan sekitar mengalami kerugian besar.gagal panen.sedangan konsumen menunggu di pasar.petani rugi besar.belom lagi yang rumahnya kebanjiran,laa haula waa la kuwata illa bi lahh.
Alangkah baiknya kita yang mempunyai sedikit lahan kita tanam rempah kebutuhan pokok,sehingga kita tidak terlalu pusing apabila kita butuh sedangkan rempah sulit di dapat dan mahal.

Menanam cabe itu sangat mudah.yang kita butuhkan adalah tanah yang subur diberi pupuk dan taburkan biji cabe yang sudah busuk ,beri pagar supaya tidak di ganggu predator seperti ayam,tikus dll.memasuki bulan ke empat kita sudah bisa panen walaupun sedikit.terbayarlah hasilnya.mudah kan.yuk kita lakukan penghijauan,supaya gak banjir juga,betul?
Tag : IPTEK
Back To Top